Blog ini berisi informasi seputar binatang mulai pengenalan,kesehatan,hingga tips seputar cara merawat hewan

Sifat-sifat Kucing


Kucing memang hewan yang sangat digemari hampir oleh semua kalangan dikarenakan wajah dan sifatnya yang lucu dan kadang membuat kita yang melihatnya menjadi gemas bahkan geregetan oleh tingkah lucu kucing.
Kali ini mari kita mengenal beberapa sifat alami yang dimiliki kucing diantaranya sebagai berikut.
1.Berfungsinya Indra pada Kucing
   
Anak kucing terlahir dalam kondisi buta dan tuli.Matanya baru bisa terbuka pada usia2 minggu,seminggu berikutnya indra penciuman dan pendengarannya akan berfungsi dengan baik,dan mampu menunjukkan ekspresi seperti meringis atau membuka mulut.Penglihatan kucing akan sempurna dalam waktu 10 minggu.

2.Interaksi Kucing  
Pada umur 4 minggu kucing mulai menunjukkan aktivitas bermain.Iintensitasnya akan terus meningkat hingga umur 11 minggu.Agar kucing tidak takut terhadap manusia,mulai umur 2 minggu kucing harus dikenalkan kepada manusia.Namun,apabila kucing dibesarkan sepenuhnya oleh manusia dan terpisah dari kucing lain,anak kucing tidak akan memiliki hubungan yang baik dengan kucing lainnya.

3.Penciuman
   
Kucing memiliki indra penciuman yang tajam.Ketika kucing sedang menyelidiki bau,kucing akan membuka sedikit mulutnya dalam posisi seperti meringis.

4.Penglihatan

Kucing memiliki penglihatan yang baik dan sangat peka terhadap gerakan.Selain itu,mata kucing memiliki kemampuan mendeteksi cahaya hingga 8 kali lebih baik dari manusia.

5.Pendengaran

Telinga kucing sangat peka terhadap bunyi.Kucing mampu mendeteksi suara tikus yang mempunyai frekuensi bunyi sekitar 60 KHz.Kucing juga memiliki predator getaran pada kakinya,yang membuatnya dapat mendeteksi bunyi 400Hz.

6.Ekspresi
   Kucing menampakkan perasaan melalui ekspresi wajahnya.Kita dapat melihatnya melalui ekspresi telinga,mata,dan kumisnya.Misalnya,kucing yang bahagia akan menegakkan telinganya dengan posisi kumis santai.Sementara kucing yang marah dan ketakutan akan mendatarkan telinganya,menyempitkan mata,dan mengarahkan kumisnya ke depan.

7.Makna Suara yang Dihasilkan Kucing
 Kucing akan mengeong dengan keras apabila merasa ketakutan atau diserang,meraung panjang seperti meratap ketika memperingatkan penyusup,mengeong dengan keras untuk mendapatkan perhatian,dan mengeong pendek tetapi bernada tinggi ketika member salam pada yang dikenalnya.

8.Dengkuran pada Kucing 
Selain mengeong,kucing juga mengeluarkan bunyi dengkuran.Ini biasanya dilakukan apabila merasakan pengalaman yang menyenangkan,seperti ketika menyusui atau dibelai.Namun,suara ini juga kadang terdengar ketika kucing sedang stress atau sakit parah.

Itu tadi beberapa sifat yang dimiliki oleh kucing.Terima kasih telah berkunjung ke blog saya,semoga artikel nya bermanfaat.Baca juga tips memilih jenis kucing yang cocok untuk anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment