Blog ini berisi informasi seputar binatang mulai pengenalan,kesehatan,hingga tips seputar cara merawat hewan

Ragam Ras Kucing Bagian I



 Kucing telah hidup bersama manusia melalui berbagai masa dan kebudayaan,tetapi baru beberapa ratus tahun terakhir ini kucing diseleksi dan dikawinkan untuk menghasilkan ras tertentu dengan genetika yang jelas dan pasti.
Selain ras kucing yang sudah ada,masih dimungkinkan munculnya ras baru.jenis kucing tertentu dapat disebut sebagai ras baru apabila anak yang dihasilkan mempunyai sifat-sifat yang jelas dan konsister.
Berdasarkan bulunya,ras kucing dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu bulu panjang (longhair),bulu pendek ( shorthair),dan bulu sedang (semilonghair).

Berikut ini berbagai macam jenis atau ras kucing yang ada di seluruh dunia.

1.Balinese 
     
Kucing asal Amerika ini memiliki tampilan fisik seperti kucing siamase.Namun,kucing ini memiliki bulu,kepala,badan,dan ekor lebih panjang,dan suara yang lebih lembut.

2.Birman
Kucing ini berasal dari Myanmar awalnya dipelihara oleh kalangan biksu.Menurut catatan sejarah kucing ini dibawa ke Prancis pada 1919 dan pada 1925 terdaftar sebagai ras tersendiri.Kucing berbulu panjang ini memiliki pola warna colorpoint.

3.Maine Coon
Kucing yang berasal dari Amerika ini memiliki cirri khas ukuran tubuhnya sangat besar,yakni sebesar anjing.Asal kucing ini secara alami,memiliki tubuh besar,bulu panjang,dan memiliki pola untuk semua warna.

4.Norwegian Forest

Kucing asal Norwegia ini memiliki bulu panjang yang mengembang.Kucing ini asalnya secara alami.Kucing ini bertubuh sedang,berbulu panjang,dan memiliki pola untuk semua warna.

5.Persian
Inilah kucing yang paling popular dan paling banyak dipelihara orang di berbagai negara.Kucing asal Iran ini memiliki bulu yang sangat panjang.Asal kucing ini secara alami.Tipe tubuh kucing ini cobby dengan pola untuk semua warna.

6.Ragamuffin
Kucing asal Amerika ini merupakan jenis kucing besar klasik.Kucing ini merupakan hasil persilangan dengan tipe tubuh cobby.Bulunya panjang dan memiliki pola untuk semua warna.

7.Somali
Kucing ini juga berasal dari Amerika memiliki cirri khas garis hitam sepanjang punggung hingga ekornya.Kucing ini merupakan kucing asal mutasi dan bertipe tubuh sedang.Bulunya panjang dan memiliki pola warna ticked.

8.Ragdoll
        Kucing yang juga berasal dari Amerika ini memiliki cirri khas yakni hanya  berwarna pada bagian wajah,kaki,telinga,dan ekornya.Kucing ini merupakan hasil persilangan dan mempunya ukuran tubuh cobby.Bulunya semi panjang dan mempunyai pola wana colorpoint.

9.Siberian
Kucing ini merupakan kucing Rusia.Kucing ini sudah dikenal keberadaannya sejak ribuan tahun silam.Asal kucing ini secara alami dan mempunyai tipe tubuh cobby.Bulu kucing ini semilonghair dan mempunyai pola untuk semua warna.

10.Turkish Angora
Kucing yang lebih familiar dengan sebutan kucing anggora oleh orang Indonesia ini berasal dari Negara Turki.Merupakan plasma nutfah asli Negara tersebut.Kucing bertipe tubuh sedang ini asalnya secara alami.Bulunya semilonghair dan mempunyai pola untuk semua warna.

11.American Bobtail
Kucing yang berasal dari Amerika ini memiliki cirri khas ekor pendek dengan tampilan liar,tetapi sangat mdah beradaptasi.Kucing ini memiliki kepribadian seperti anjing dalam hal kepatuhan kepada majikannya.Kucing ini berasal dari persilangan dan bertipe tubuh semicobby.Bulunya berukuran sedang dan mempunyai pola untuk semua warna.

12.American Curl
Kucing ini berasal dari Amerika,memiliki cirri khas telnga yang tegak dan menghadap ke depan.Kucing ini merupakan kucing hasil mutasi dari tipe tubuh sedang.Bulunya pendek panjang dan memiliki pola untuk semua warna.

13.Japanese Bobtail
Dari namanya jelas kucing ini berasal dari Jepang dan memiliki ekor pendek.Menurut catatan sejarah,tetua kucing ini berasal dari Cina dan Korea.Kucing ini asalnya secara alami dan memiliki ukuran tipe tubuh sedang.Bulunya pendek panjang dan mempunya pola untuk semua warna.

14.Manx
Kucing asal The Isle of Man,Inggris ini mempunyai cirri khusus,yakni tidak memiliki ekor.Asalnya alami/mutasi dari tipe tubuh sedang.Kucing ini memiliki bulu pendek panjang dan tubuhnya berpola untuk semua warna.

15.Oriental
Kucing yang posturnya mirip dengan kucing Siamese ini memiliki lebih dari 300 pola warna.Kucing ini asalnya alami,bulunya pendek semipanjang dan memiliki pola untuk semua warna.

16.Scottish Fold
Kucing asal Skotlandia ini memiliki cirri khas telinga yang melipat.Asalnya alami dan mempunyai tipe tubuh cobby.Kucing ini mempunyai bulu pendek panjang dan berpola untuk semua warna.

17.Selkirk Rex
Kucing asal Amerika ini merupakan kucing ras baru yang berasal dari kucing rumahan.Kucing ini berasal dari mutasi persilangan dan bertipe tubuh sedang.Bulunya rex pendek panjang dan berpola untuk semua warna.

18.Abyssinian
Kucing ini berasal dari Mesir,merupakan salah satu ras kucing tertua yang pernah ada.Tampilan kucing ini mirip kucing hutan felis lybica,tetua kucing liar afrika yang kemudian menjadi nenek moyang semua kucing domestic.Kucing ini asalnya alami dan mempunyai tipe tubuh oriental.Bulunya pendek dan mempunyai pola warna ticked.

19.American Shorthair
Kucing ras Amerika ini tetuanya berasal dari Amerika Utara.Menurut sejarah,kucing ini dibawa dari eropa menggunakan Mayflower.Kala itu kucing ini dimaksudkan untuk memburu tikus yang ada di dalam kapal.Akhirnya,kucing ini berkembang biak menjadi kucing asli Amerika Utara.Kucing ini asalnya alami,tipe tubuhnya sedang,bulunya pendek,dan memiliki pola untuk semua warna.

20.American Wirehair
Sama seperti American Shorthair,kucing ini juga berasal dari Amerika memiliki cirri khas yaitu bulu seperti kawat yang telah dimilikinya sejak lahir.Ras kucing ini pertama kali terdaftar pada 1967,kemudian mulai dipertandingkan dalam kontes pada 1978.Kucing ini berasal dari hasil mutasi dan mempunyai tipe tubuh sedang.Bulu kucing ini pendek dan berpola untuk semua warna.

Sampai disini dulu ulasan tentang ragam ras kucing di seluruh dunia.Untuk kelanjutannya baca Ragam Ras Kucing Bagian II.Terima kasih telah berkunjung ke Blog saya semoga bermanfaat.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment