Blog ini berisi informasi seputar binatang mulai pengenalan,kesehatan,hingga tips seputar cara merawat hewan

10 Tips Mencegah Penularan Penyakit Zoonosis pada kucing



Ketika kucing anda sakit,jangan biarkan sembarangan orang memegangnya,karena bisa jadi penyakit yang diderita kucing termasuk golongan zoonosis (penyakit kucing yang dapat ditularkan kepada manusia). Anak-anak memiliki resiko paling tinggi tertular penyakit zoonosis dari hewan peliharaannya.Resiko tertular penyakit ini menjadi tinggi pada mereka yang gagal menerapkan tata cara pencegahan penyakit.

Cara utama penularan penyakit zoonosis adalah melalui gigitan,cakaran,atau melalui kotorannya.

Berikut ini adalah tips sederhana untuk mencegah penyakit zoonosis menulari anggota keluarga anda.Pastikan agar anak-anak mengerti tentang hal ini.Panduan ini dimaksudkan agar tercipta hubungan yang sehat antara keluarga anda dan kucing peliharaan anda.


1.Usahakan untuk membeli kucing dari penjual yang memiliki reputasi baik.Untuk mengetahui kucing mengetahui kucing yang akan dibeli sehat atau tidak,anda dapat mengetahuinya disini.

2.Sebelum membeli kucing,sebaiknyasebaiknya mintalah dokter hewan untuk memeriksakan kesehatan kucing.


3.Setiap anggota keluarga harus selalu mencuci tangan setelah memegang kucing,terutama sebelum makan.


4.Hindari tercium atau terjilat kucing pada bagian wajah anda sebab kanda tidak tahu mulut kucing kontak dengan apa saja sebelum mencium atau menjilat anda.


5.Semua sampah,sisa makanan,atau kotoran yang ditimbulkan oleh kucing segera dibersihkan dan dimusnahkan.


6.wadah pasir yang biasa digunakan kucing untuk buang kotoran ditutup apabila tidak digunakan.

7.Kutu pada kucing diberantas.


8.Apabila kucing sakit,maka kontak dengan anggota keluarga diminimalkan dan segera meminta pertolongan dokter hewan.Jauhkan kucing yang sakit dari jangkauan anak-anak.


9.Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin.Pemberian vaksinasi sesuai dengan jadwalnya,dan feses diperksa untuk mengetahui keberadaan cacing ,dan diberi obat cacing apabila diperlukan.

  
 10.Mandikan kucing 1 atau 2 minggu sekali untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang ada pada permukaan tubuh kucing. 


Itu tadi 10 tips untuk mencegah penularan penyakit zoonosis pada kucing.Semoga tidak ada lagi orang atau keluarga yang tertular penyakit ini.


Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.semoga artikel saya bermanfaat.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment