Blog ini berisi informasi seputar binatang mulai pengenalan,kesehatan,hingga tips seputar cara merawat hewan

Kandang yang Baik untuk Kucing


Di dunia ini ada berbagai macam ras kucing yang mungkin salah satunya dapat kita pilih sebagai hewan peliharaan. Baca juga Ragam Ras Kucing Bagian I dan Ragam Ras Kucing Bagian II. Dalam memelihara kucing sebagai hewan kesayangan banyak aspek-aspek yang harus diperhatikan pemilik kucing dan salah satu diantaranya adalah kandang.

Kandang kucing adalah rumah pribadi bagi kucing, sebagai tempat pribadi, kandang tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kucing. Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi pemilik kucing untuk sebuah kandang kucing, yaitu sebagai berikut.


1. Kandang dan peralatan yang berada di dalamnya harus terjaga kebersihannya.

2. Kandang dan peralatan yang berada di dalamnya harus nyaman bagi kucing. Tempat tidut yang nyaman, peralatan permainan, tiang panjat, dan lainnya harus disesuaikan dengan kenyamanan kucing, maka pilihlah yang disukai kucing.

3. Kandang harus cukup luas untuk bergerak, bermain, dan menikmati kehidupan rumah. Jika kandang terlalu sempit, kucing akan stress dan beresiko lebih tinggi terserang penyakit (Baca juga Jadwal Vaksinasi Kucing).

4. Suhu ruangan harus disesuaikan dengan kebiasaan kucing. Ada kucing yang tidak terbiasa dengan suhu ekstrim (diatas 35 derajat celcius ayau dibawah 10 derajat celcius) sehingga memerlukan fasilitas pemanas atau pendingin di dalam ruangan.

5. Ventilasi udara yang ada harus mampu memberikan aliran udara yang lancer sehingga mampu member oksigen cukup, mengatur kelembapan, dan mengurangi bau di dalam kandang.

6. Cahaya harus cukup, baik itu cahaya sinar matahari maupun sinar lampu.


Ukuran kandang minimal untuk seekor kucing dengan berat badan kurang lebih 4 kg, yakni panjang 90 cm x lebar 63 cm x tinggi 65 cm. Jika kandang digunakan untuk menampung lebih dari satu ekor, ukuran kandang harus disesuaikan. Kandang sebaiknya tidak berkarat dan terbuat dari bahan yang aman bagi kesehatan kucing. Alas kandang sebaiknya tidak menyebabkan kaki kucing menjadi sakit. Ukuran pintu kandang sebaiknya disesuaikan agar kucing dapat keluar masuk kandang dengan leluasa.

Apabila memiliki kucing lebih dari satu, maka sebaiknya disediakan kandang terpisah. Sediakan tempat tersendiri bagi pejantan, betina maupun anakan. Selain itu, untuk keperluan khusus, seperti perkawinan, melahirkan dan menyusui, dan perawatan kucing sakit, disarankan agar disediakan tempat terpisah pula.

Tempat penyimpanan pakan dan obat-obatan kucing perlu diperhatikan. Sediakanlah tempat yang kering, bersih dan higienis, dan terhindar dari semut dan jamur. Tempat penyimpanan obat kucing, sebaiknya dipisahkan dari tempat penyimpanan obat untuk manusia.


Itu tadi bebarapa tips tentang kandang kucing yang telah saya bagikan kepada anda. Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment