Blog ini berisi informasi seputar binatang mulai pengenalan,kesehatan,hingga tips seputar cara merawat hewan

Melatih Mental Kucing




Sebagai pemilik kucing kita wajib merawat dan memperhatikan kucing kita dengan baik.Kita harus bisa mengenali sifat-sifat kucing supaya nantinya hubungan anda dengan si kucing bisa semakin erat.
Kita wajib memenuhi segala kebutuhan si kucing,baik secara fisik dan mental.
Namun pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melatih kucing supaya kelak kucing anda tidak menjadi kucing yang penakut,galak,susah berinteraksi,dll.berikut ini beberapa kiat yang dapat anda lakukan untuk membangun mental yang baik bagi si kucing.
1.Pastikan agar kucing peka dan mengenali lingkungannya pada bulan pertama kehadirannya di rumah anda.
2.Sesekali ajaklah kucing anda untuk melakukan aktivitas rutin seperti jalan-jalan,berolahraga,bermain,grooming,dll.
3.Sediakan tempat yang cukup untuk bereksplorasi.Kucing yang terkungkung di tempay terbatas untuk jangka waktu lama akan menyababkan kucing merasa bosan dan stress.
4.Latihlah kucing untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan.Buatlah permainan atau aktivitas yang merangsang proses berpikir kucing.Contohnya,apabila anda terbiasa menggoda kucing dengan menggunakan satu objek,sekali waktu gunakan dua objek sekaligus,biarkan kucing memilih.
5.Bangunlah kebiasaan rutin,yaitu dengan member pakan pada saat dan tempat yang sama,atau biasakanlah bermain dengan kucing pada saat yang sama.Jika kebiasaan ini terlewatkan,kucing akan merasa stress.Buatlah jadwal harian rutin,dan sibukkan kucing dengan jadwal yang telah dibuat.
6.Sediakanlah hal baru dan interaksi yang membuat kucing anda menjadi yang sesungguhnya.Contohnya,melakukan permainan kucing dan tikus,buatlah kucing agar merasa puas untuk berburu.
7.Latihlah kucing andan untuk membangun hierarki dominasi antara anda dan kucing anda.Buatlah ia mengerti bahwa anda bosnya.Jika sampai gagal membangun hierarki ini,akan terjadi persaingan dominasi antara anda dan kucing anda stress.Misalnya,jika kucing sudah mengerti bahwa anda adalah bosnya,ia akan mudah diatur.
8.Setiap tamu yang berkunjung ke rumah anda dianggap sebagai pengganggu territorial kucing.Ini dapat menimbulkan stress baginya.Ada baiknya.Ada baiknya adna mengisolasi sejenak kucing anda dari keraimaian pengunjung daripada memaksa kucing untuk berinteraksi dengan orang-orang yang dianggap asing olehnya.
9.Bagi anda yang memiliki kucing betina dan tidak anda perkenankan untuk menjelajah,berkelahi,dan melakukan perkawinan yang semuanya menimbulkan stress,sebaiknya kucing disterilkan.
10.Apabila kucing anda stress berat ketika melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan,sebaiknya anda menyewa penjaga kucing.selain kucing tersebut nyaman dengan daerah kekuasaannya,juga ada orang khusus yang mengawasi kebutuhan kucing ketika anda tidak di rumah.

Itu tadi 10 tips yang telah saya bagikan kepada anda,semoga bermanfaat. Jadilah pemilik kucing yang baik dan bijak…
Silahkan beri komentar dibawah untuk kritik dan saran



Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment