Blog ini berisi informasi seputar binatang mulai pengenalan,kesehatan,hingga tips seputar cara merawat hewan

Cara Mengetahui Kucing yang akan Dibeli Sehat atau Tidak


      Bagi yang belum memiliki dan ingin membeli kucing,saya punya beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda dalam membeli kucing yang tepat.Bagi yang sudah memiliki kucing anda dapat membaca artikel tentang cara melatih kucing.
Untuk mengetahui kucing yang akan dibeli sehat atau tidak,Anda dapat bertanya langsung kepada penjual kucing tentang catatan vaksinasi maupun obat cacing yang telah diberikan. Apabila tidak ada catatan semacam ini,maka mau tidak mau anda sendiri yang harus memeriksa kucing yang akan dibeli dalam kondisi sehat atau sakit.
Ada 6 langkah pemeriksaan yang relative mudah dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing,yaitu sebagai berikut.

1.Lingkungan 
Lingkungan di sekitar kandang tempat kucing tersebut dipelihara harus diperiksa.Adakah kotoran atau bau tidak sedap yang ditimbulkan di sekitar kucing? Apakah kondisi serupa juga ditemui pada individu maupun kelompok kucing yang lain? Apakah kucing terlihat sakit,depresi,atau kurang sehat? Apabila ditemukan salah satu kriteria yang saya sebutkan,meskipun hanya satu ekor dalam kelompok,maka sebaiknya anda berhati-hati.Dalam kondisi ini penyakit kemungkinan sedang dalam proses menjangkit kucing yang ada dalam kandang atau kelompok kucing di tempat itu.

2.Karakter
Selanjutnya adalah pengamatan terhadap tingkah laku kucing secara lebih rinci.Apakah kucing terlihat aktif? Apakah kucing bersahabat dengan orang lain maupun kucing lain dalam kelompoknya? Apakah kucing terlihat pemalu atau menyendiri? Kucing kesayangan yang baik cenderung suka dan tidak akan takut kepada manusia.

3.Kulit dan Bulu
Pengamatan selanjutnya terhadap kondisi kulit dan bulu kucing.Kucing dipegang,lalu bulu-bulunya disibakkan,amati apakah ada kutu di antara bulu-bulunya?adakah rambut rontok,kerak kulit,atau tanda-tanda luka dan infeksi?adakah kadas dan kurap yang merupakan penyakit zoonosis? Kucing merupakan hewan istimewa yang sangat teliti dalam menjaga keindahan kulit dan bulunya.Oleh sebab itu, apabila sampai ditemukan kondisi bulu yang tidak terpelihara dengan baik,maka ini merupakan tanda spesifik adanya parasit atau gangguan kesehatan lain.

4.Permukaan Tubuh
Seluruh permukaan kucing diraba.Apakah ditemukan adanya benjolan? Jika benjolan itu lunak dan dapat digerakkan,kemungkinan benjolan itu adalah hernia,yang memerlukan tindakan operasi di kemudian hari. Selanjutnya, perhatikanlah apakah perut terlihat membengkak? Jika “iya” ada 2 kemungkinan,yaitu karena perutnya penuh makanan atau penuh cacing.Untuk memastikannya,coba lihat pada bagian bawah ekornya,apakah ada potongan tubuh cacing dan apakah ada tanda-tanda diare? Apabila pada bulu di sekitar ekor dan anus ditemukan adanya tanda-tanda diare,maka itu merupakan pertanda awal bahwa kucing mengalami gangguan pencernaan.

5.Kepala
Bagian telinga diperiksa.Apabila ada leleran cairan yang keluar dari dalamnya dan ada bau kuat yang timbul dari dalam telinga, maka itu merupakan tanda adanya infeksi.Berikutnya bagian mata.Kedua mata harus tampak bersih,jernih,tidak berkabut,atau memerah.Lalu pada bagian hidung,pastikan tidak ada leleran ataupun kerak.Terakhir bagian mulut,meliputi gusi dan gigi.Pada kondisi yang sehat gusi akan berwarna merah muda.Pada bagian gigi,terdapat gigi yang tanggal atau tidak.

6.Postur Tubuh

Bentuk kaki dan cara berjalan kucing diamati.Apabila kaki cukup simetris dan tidak pincang,maka pemeriksaan yang anda lakukan secara umum sudah cukup.

Apabila anda sudah melakukan 6 langkah diatas namun masih bimbang untuk membelinya, maka langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah memeriksakan kesehatan kucing kepada dokter hewan.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog saya,Semoga artikel ini bermanfaat.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment